Ka UPT Puskesmas Sicanang Belawan Bersama BAIS Secara Door to Door Laksanakan Vaksinasi ODGJ -->

Iklan Semua Halaman

Ka UPT Puskesmas Sicanang Belawan Bersama BAIS Secara Door to Door Laksanakan Vaksinasi ODGJ

Redaksi
Senin, 15 November 2021




METROINDO.CO.ID | BELAWAN - Petugas Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Belawan Sicanang Kecamatan Medan Belawan, gelar suntik vaksin terhadap sejumlah orang dalam gangguan jiwa (ODGJ).


Suntik vaksin dilaksanakan dengan mendatangi rumah-rumah warga (door to door) di Kelurahan Sicanang Belawan. Sebelumnya sudah didata dan dilengkapi nomor induk keluarga di kartu keluarga orang tua mereka.


UPT Puskesmas Sicanang Belawan, yang dipimpin langsung Kepala UPT Puskesmas Sicanang dr. Trisna Murni beserta tim medisnya bekerja sama dengan Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI yang dikoordinir Mayor Roby serta Polisi Militer TNI AD dan tokoh pemuda dari Forum Masyarakat Belawan Sicanang Togu Urbanus Silaen dan tokoh Aktivis pegiat sosial Belawan Zainal Abidin.


Warga yang mengalami gangguan sakit jiwa ini sebelum disuntik vaksin, dimandikan terlebih dahulu. Selanjutnya diberi sarapan makan kue yang sudah disediakan, dipangkas dan baru disuntik oleh tim medis dari UPT Puskesmas Sicanang.




Kepala UPT Puskesmas Sicanang Belawan dr. Trisna Murni kepada awak media, Senin (15/11) mengatakan, vaksinasi dilakukan untuk mendukung program Walikota Medan sebagai upaya menurunkan level covid 19.


"Orang dalam gangguan jiwa ini pada umumnya orang-orang yang selalu ditingalkan dan dilupakan. Padahal mereka juga termasuk salah satu masyarakat yang harus mendapatkan vaksinasi," ujar dr Trisna.




Dokter yang dikenal ramah dan murah senyum ini berharap kepada warga Sicanang untuk ikut berpartisipasi melakukan vaksinasi, terhadap diri mereka masing-masing demi mencegahnya wabah covid 19 di Kota Medan, khususnya di Kecamatan Medan Belawan. 


"Jadi demi keselamatan mereka, kami dari UPT Puskesmas Sicanang Belawan harus melakukan suntik vaksin terhadap mereka, kami langsung datangi kerumah-rumah para ODGJ itu untuk kami vaksin, giat ini untuk menuntaskan program vaksin dan supaya Kota Medan bisa turun level dari 2 ke level 1, agar Medan terbebas dari covid-19,” ucap dokter muda cantik itu.


Dantim II Sumut BAIS TNI, Mayor Robby Mandolin menyebutkan, Kegiatan vaksinasi terhadap para ODGJ tersebut merupakan salah satu program dari BAIS TNI untuk membantu program pemerintah dalam menekan angka penularan virus corona.


“Kami sifatnya hanya membantu saja dalam giat hari ini, inikan program nasional untuk menekan angka penularan virus corona,” kata pria berpangkat Mayor TNI itu. (Hen)