Prajurit Yonmarhanlan I Laksanakan Pemeriksaan Kesehatan Sebagai Syarat Ajukan UKP -->

Iklan Semua Halaman

Prajurit Yonmarhanlan I Laksanakan Pemeriksaan Kesehatan Sebagai Syarat Ajukan UKP

Redaksi
Sabtu, 18 September 2021



METROINDO.CO.ID | BELAWAN - Untuk mengetahui kondisi kesehatan fisik luar dan dalam,Prajurit Petarung Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) I melaksanakan pemeriksaan kesehatan bagi personel yang telah memenuhi syarat untuk diusulkan naik pangkat (eligible) sebagai persyaratan untuk Ujian Kenaikan Pangkat (UKP) TMT, pada 1 April 2022 mendatang, bertempat di Dinas Kesehatan Lantamal I Belawan. Jumat (17/09/2021). 


Kegiatan tersebut bertujuan untuk mendeteksi dini kesehatan personel dan juga sebagai persyaratan administrasi bagi yang akan naik pangkat lebih tinggi dari pangkat sebelumnya. 


Pemeriksaan kesehatan (rikkes) merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas kesehatan prajurit dengan cara deteksi dini terhadap kondisi kesehatannya. 





Dalam pemeriksaan kesehatan tersebut setiap prajurit diperiksa satu persatu mulai dari pengecekan tekanan darah, mata, gigi, varikokel, ambien, THT hingga rekam jantung atau Elektrokardiogram (EKG) guna pengecekan jantung lewat elektrik (listrik) sebagai grafik, yang sebelumnya masing-masing mengisi formulir kesehatan yang mencantumkan data perorangan dan item tes pemeriksaan yang harus dijalani. 


Danyonmarhanlan I Mayor Marinir Indra Fauzi mengatakan, bahwa kegiatan Rikkes yang dilaksanakan ini bertujuan untuk mengetahui kondisi terkini kesehatan personel yang akan diajukan UKP. 


“Nantinya akan diketahui apakah terindikasi sakit atau tidak, bila terindikasi ada jenis penyakit tertentu atau ada keluhan maka akan ada saran untuk berobat baik ke RS. TNI AL Komang Makes Belawan, bahkan apabila perlu penanganan lebih lanjut akan di rujuk ke Rumah Sakit yang lebih besar”. ucap Danyonmarhanlan I. (Hen)