Manfaatkan Limbah, Mas Untung Bawa Keberuntungan pada Warga Batubara -->

Iklan Semua Halaman

Manfaatkan Limbah, Mas Untung Bawa Keberuntungan pada Warga Batubara

Redaksi
Jumat, 17 September 2021



METROINDO.CO.ID | BATUBARA - Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis kunjungi pengelolaan limbah milik Untung (35) yang membawa keberuntungan masyarakat kepada masyarakat di Desa Kuala Tanjung  Kec. Sei Suka Batubara, Rabu (15/9/2021). 


Diketahui Untung adalah seorang pengusaha ternak yang sangat menginspirasi masyarakat di Desa Kuala Tanjung yang saat ini mengelola limbah sampah organik menjadi pakan Ikan dan Unggas. 


Dia juga melakukan uji coba pembuatan Pelet dari sampah tang membusuk dan di jadikan Pakan untuk ternak itik dan ikan lele ternyata berhasil memangkas biaya pakan ternaknya hingga lebih dari 50%. Limbah organik yang dia jadikan makanan ulat yang disebut magot (belatung) dengan produksi campuran dedak padi menjadikanya keberuntungan yang berlipat.  




Dalam kunjungan AKBP Ikhwan Lubis, Mas Untung menjelaskan dalam pengelolaan limbah sampah organik diawali dengan melihat tumpukan sampah yang membusuk dan sangat bau di setiap jalan pasar pasar tradisionil milik warga di daerahnya. 


“Dalam tumpukan sampah saya melihat magot yang mengurai sampai dan saya lihat ulat magot ini dimakan unggas. Lantas saya mencoba membudidayakan ulat mangot tersebut menjadi banyak dengan memelihara lalat biasa,” katanya di depan para Perwira Polisi yang berkunjung. 


Dijelaskannya, dalam 20 hari sudah bisa memanen ulat mangot yang dijadikan pakan Ikan Lele, Gurami, Mas yang khususnya ikan air tawar sangat baik meningkatkan protein serta hasil panen sangat cepat dengan bobot yang lumayan yakni 8 ekor/per kilo gram nya. 


Didepan AKBP Ikhwan Lubis yang juga Ketua Pembina Komunitas Sedekah Jumat (KSJ), pengusaha muda ini menyatakan dirinya akan bergabung dengan organisasi sosial ini dalam mengedukasi para anak Yatim dan Piatu serta masyarakat di Kampung Sedekah yang didirikan KSJ di Desa Petatal diresmikan Gubernur Sumut. 


“Saya akan menjadikan motivator dalam mengedukasi masyarakat Kampung Sedekah yang dibina langsung Bapak Kapolres Batubara AKBP Ikhwan SH MH,” janjinya. 


Kapolres Batubara AKBP Ikhwan SH MH dalam kunjungannya ke usaha Untung menyampaikan apresiasinya atas usaha yang bisa menjadi penghasilan tambahan di masa Pandemi Covid 19. 


“Di pandemi Covid 19 yang ekonomi agak menurun, ada sosok pemuda menginspirasi dan bisa membuka peluang kerja kepada seluruh masyarakat serta usaha masyarakat mandiri. Harus kita dukung,” kata AKBP Ikhwan Lubis. 


“Kalau saja masyarakat akan banyak yang melakukan seperti Untung ini dapat di pastikan Kamtibmas yang ada di seluruh daerah akan menjadi sangat aman. Pastinya tak  banyak lagi pengangguran  dan masyarakat akan sejahtera dengan melakukan usaha mandiri juga dapat mempekerjakan masyarakat,” pujinya. 


Dia berjanji akan mendukung penuh masyarakat dalam menciptakan kesejahteraan pada masa sesulit ini  dan siap menjadi pembina di kabupaten Batubara kepada masyarakat yang ingin melakukan hal yang sama seperti Untung. (Hen)