KM United Terbakar, 1 ABK Tewas, 2 Hilang dan 7 Selamat -->

Iklan Semua Halaman

KM United Terbakar, 1 ABK Tewas, 2 Hilang dan 7 Selamat

Redaksi
Rabu, 04 Agustus 2021



METROINDO.CO.ID | BELAWAN - Satu unit kapal ikan  KM. UNITED AA Gt. 29 No. 297/Ppi yang berasal dari Pelabuhan Perikanan Samudera Belawan terbakar di seputaran Pulau Berhala perairan Selat Malaka, Kabupaten Serdang Berdagai, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (3/8/2021) sekira pukul 10.00 Wib.


Dalam peristiwa tersebut salah seorang ABK, M Ali Simanjuntak (49) warga Kampung Salam Blok I Kelurahan Belawan II meninggal dunia. Sedangkan 2 orang,  Junianto dan Simatupang hilang dan masih dalam pencarian. Sementara 7 lainya berhasil diselamatkan.


Sedangkan kronologis terbakar kapal ikan itu,dimana Pada Selasa (03/8/2021) sekira pukul 11.00 Wib operator radio gudang United mendapat informasi bahwa sekira pukul 10.00 Wib kapal ikan KM. United AA Gt. 29 No. 297/Ppi mendapat musibah kebakaran di seputaran Pulau Berhala Perairan Selat Malaka, Kabupaten Serdang Berdagai, Provinsi Sumut mengakibatkan seorang ABK meninggal dunia dan 2 orang lainnya belum di temukan.




Selanjutnya setelah mendapat informasi tersebut pihak gudang United Gabion Belawan melalui radio meminta kapal yang sedang beroprasi di seputaran tempat kejadian tersebut untuk segera melakukan pertolongan dan pencarian .


Kemudian kapal United 2 diminta bantuan untuk membawa 7 (tujuh) orang ABK yang selamat dan 1 (satu) orang ABK yang meninggal dunia ke Gudang Gabion Belawan.


Adapun nama-nama ABK yang selamat yakni Ilham, Abdul, Lase, Gunawan, Hotma, Syahrial dan Putra.


Setibanya jenazah M.Ali Simanjuntak di TPI Gabion Belawan, petugas Ditpolairud Polda Sumatera Utara langsung membawanya ke RS Bhayangkara Medan untuk di visum dan memeriksa saksi-saksi untuk dimintai keterangan tentang penyebab terjadinya kebakaran KM United. (Hen)