Bupati Tapsel Gerak Cepat Tangani Bencana Longsor di Desa Padang Mandailing Glugur -->

Iklan Semua Halaman

Bupati Tapsel Gerak Cepat Tangani Bencana Longsor di Desa Padang Mandailing Glugur

Redaksi
Selasa, 31 Agustus 2021



METROINDO.CO.ID | TAPSEL -  Longsor kembali terjadi di Desa Padang Mandailing Glugur Kecamatan Saipar Dolok Hole Kabupaten Tapanuli Selatan Propinsi Sumatera Utara. Minggu (29/08/2020), lalu.


Akibat hujan deras sepekan ini, longsoran yang menutup ruas jalan Raya di Desa Padang Mandailing Glugur Kecamatan Saipar Dolok Hole. Material longsoran menutupi seluruh badan jalan dan menyebabkan jalan tertimbun material tanah liat. Keterangan berdasarkan laporan dari masyarakat di desa padang Mandailing garugur kepada Babinsa Koramil 04/SDH Serda T.M Harahap terjadi tanah longsor Sabtu malam Minggu (28/09/2021).


Sebagai wilayah kerja Desa binaan nya, (Babinsa) Koramil 04/SDH Serda T.M.Harahap, langsung menanggapi laporan dari masyarakat Desa tersebut.


Serda T.M.Harahap sigap langsung berkoordinasi pada Camat M. Munthe, Polsek Saipar Dolok Hole Iptu Zulham SH.




Seterusnya, Pihak kecamatan juga telah melakukan koordinasi dengan BPBD Tapsel dan Dinas PUPR  Tapsel, untuk melakukan gerak cepat pembersihan material longsor yang menutup akses jalan tersebut.


Pantauan wartawan di lokasi longsor. Senin (30/8/2021), terlihat Tim Reaksi Cepat (TRC) Tapsel, BPBD Tapsel, Dinas PUPR, Camat S.D.Hole M.Munthe, Muspika Kecamatan S.D.Hole langsung di Pimpin Bupati Tapanuli Selatan Dolly Putra Parlindungan Pasaribu di dampingi Danramil  04/SDH Kapten Inf.Marasaman Siregar, Personil Babinsa Koramil 04/SDH, Babinsa Serda T.M. Harahap, Polsek S.D.Hole Iptu. Zulham.SH jajaran Polsek S.D.Hole, Kepala Desa Padang Mandailing Glugur langsung turun ke lokasi kejadian tanah longsor di Desa Padang Mandailing Glugur, Kecamatan Saipar Dolok Hole.




Untuk membersihkan material longsor pihak unsur pemerintah Tapsel Menurut kan alat berat Beko, excavator.


Namun, dari kegiatan pembersihan material longsor tersebut ada yang menarik yakni Bupati Tapanuli Selatan Dolly Putra Parlindungan Pasaribu yang ikut membersihkan material longsor.


"Bahwa kami hadir disini dari Unsur Pemerintahan Kabupaten Tapanuli Selatan bekerjasama Kepala dinas Tapsel, TNI POLRI, Muspika kecamatan Saipar Dolok Hole dan beberapa kepala desa kecamatan Saipar Dolok Hole tanggunglangi bencana tanah longsor yang menutupi badan jalan jalan akses di desa Padang Mandailing Glugur yang berapa waktu hari lalu sempat tidak bisa di lalui kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat," Ungkap Bupati Tapsel Dolly Putra Parlindungan Pasaribu.


"Saya atas nama Bupati Tapanuli Selatan berterimakasih kepada Camat, Muspika kecamatan, Kepala Desa, Warga desa Padang Mandailing Glugur, terutama pada TNI POLRI (Babinsa dan Bhabinkamtibmas) Bersinergi dan sigap membantu tanggunglangi bersama jalan akses Padang Mandailing Glugur," imbau Bupati Tapanuli Selatan Dolly Putra Parlindungan Pasaribu.


Peringatan dari BMKG yang di sampaikan Bupati Tapanuli Selatan Dolly Putra Parlindungan Pasaribu," Untuk seluruh masyarakat Tapanuli Selatan harus waspada karena di musim perubahan cuaca, perubahan alam, faktor penyebab lain dan curah hujan tak menentu. Jangan kita sampai kena musibah akibat kelalaian kita,"tandasnya seraya mengatakan tetap harus Waspada. (Erry Jabat).