Yonmarhanlan I Sukseskan Serbuan Vaksinasi Massal, Dilaksanakan Pangkalan Utama TNI AL I Belawan -->

Iklan Semua Halaman

Yonmarhanlan I Sukseskan Serbuan Vaksinasi Massal, Dilaksanakan Pangkalan Utama TNI AL I Belawan

Redaksi
Senin, 26 Juli 2021



METROINDO.CO.ID | BELAWAN -  Prajurit Petarung Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) I ikut serta dalam mensukseskan pelaksanakan Instruksi Panglima TNI untuk melaksanakan serbuan vaksinasi Covid-19 TNI ke Wilayah 34  Provinsi secara serentak dan massif di wilayah kerja masing-masing. 


Untuk percepatan vaksinasi Covid -19 kepada masyarakat Indonesia supaya mendapatkan kekebalan kelompok (Herd Immunity), untuk mencapai kondisi tersebut  Pangkalan Utama TNI AL I Belawan (Lantamal I) kembali  melaksanakan Serbuan Vaksinasi Massal kepada Masyarakat Kota Medan di wilayah kerja Lantamal I dan Keluarga besar TNI Angkatan Laut bertempat di Wisma Arafuru Komplek TNI AL Ikan Barakuda Tanjung Mulia, Medan, Minggu (25/07/2021). 


"Dalam melaksanakan serbuan vaksinasi massal Covid-19 ini, Prajurit Yonmarhanlan I bersama Babinpotmar dan Pom Lantamal I berperan dalam mengatur ketertiban warga yang akan melaksanakan vaksin, membantu pendataan masyarakat yang akan divaksin serta melaksanakan pengamanan terhadap pelaksanaan vaksinasi," ujar Danyonmarhanlan I.




Kegiatan serbuan vaksinasi Covid-19 TNI ke 34 Wilayah Provinsi secara serentak dan massif ini dilaksanakan selama 2 hari yakni pada hari ini Minggu tanggal 25 Juli dan Senin 26 Juli 2021. 


"Kegiatan ini guna mempercepat pencapaian program pemerintah dengan program "Satu Hari Satu Juta Dosis Vaksin" yang harus diberikan kepada masyarakat," terang Mayor Indra.




Oleh karena itu untuk menindaklanjuti instruksi tersebut Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., memerintahkan kepada seluruh jajaran TNI Angkatan Laut dimanapun berada untuk menggelar serbuan vaksinasi massal khususnya kepada masyarakat maritim yang berada diwilayah pesisir, di pulau-pulau kecil, pelabuhan kapal maupun pelabuhan penyeberangan orang,    

komplek- komplek perumahan TNI AL dan Kampung Bahari Nusantara binaan Dispotmar TNI AL. 


Dalam pelaksanaan vaksinasi dilaksanakan sesuai prosedur kesehatan Covid-19 masyarakat setelah selesai divaksin, peserta dihimbau untuk tetap tinggal ditempat untuk menjalani observasi selama 30 menit guna mengetahui reaksi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) atau efek samping dari vaksin Covid-19 tersebut dengan tujuan apabila terjadi gejala yang tidak diinginkan akan dapat ditangani dengan cepat. 


"Dan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan harus memakai masker, menjaga jarak dengan tidak bergerombol yang selalu dingatkan oleh anggota Babinpotmar, Yonmarhan I dan personel Pomal yang ikut membantu dalam mengatur peserta vaksinasi," ujar Danyonmarhanlan I.


Untuk mendukung pelaksanaan  kegiatan vaksinasi massal diterjunkan tenaga kesehatan sebagai vaksinator Tim dari RSAL Komangmakes Belawan dan Dinas Kesehatan Lantamal I. 


Dalam kegiatan serbuan vaksinasi covid-19 TNI ke wilayah 34 Provinsi secara serentak dan massif di wilayah masing-masing, pada hari ke-I pelaksanaan di Wisma Arafuru Komplek TNI AL Ikan Barakuda Tanjung Mulia, Medan ditinjau langsung oleh WS. Wadan Lantamal I Kolonel Laut (P) M. Sjamsul Rizal didampingi oleh Pejabat Utama Lantamal I, Kadis /Kasatker Lantamal I, Dandenma Lantamal I, Danpomal Lantamal I,  Danyonmarhanlan I dan Pasiops Yonmarhanlan I. (Hen)