Sambangi Korban Angin Puting Beliung, Kapolres Batubara dan Bhayangkari Berikan Bantuan -->

Iklan Semua Halaman

Sambangi Korban Angin Puting Beliung, Kapolres Batubara dan Bhayangkari Berikan Bantuan

Redaksi
Selasa, 27 Juli 2021



METROINDO.CO.ID | BATUBARA – Badan Metreologi Geofisika (BMKG) mencatat dalam kurun waktu akhir bulan Juli 2021 akan terjad angin kencan dan disertai guntur juga hujan lebat terjadi di wilayah Kabupaten Batubara.


BMKG di Batubara sendiri mencatat ada beberapa titik bencana angin kencang dan hujan lebat disertai guntur akan terjadi di beberapa wilayah dalam kurun minggu terakhir bulan ini.


Seperti yang terjadi pada minggu kemarin di Desa Benteng Kecamatan Sei Balai Kabupaten Batubara ada sebanyak 17 rumah hancur diterjang Puting Beliung pada Jumat (23/7/2021) kemarin.


Dengan rata rata atap seng terbang juga ada beberapa ruma yang rusak parah di sebabkan rumah terbuat dari kayu namun tidak menimbulkan korban jiwa.




Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis SH MH dan Bayangkari Polres Batubara yang dipimpin langsung Ibu Dr. Henny Ikhwan serta pengurus Cabang Bhayangkari Polres Batubara memberikan bantuan sosial berupa sembako dan tali asih untuk mengurangi bebn para warga yang tertimpah bencana angin puting beliung. Senin (26/7/2021) pagi.


Ketua Bhayangkari Polres Batubara Dr.Henny Ikhwan menjelaskan disituasi saat seperti ini, harus terus peduli kepada masyarakat. 




“Apalagi bencana seperti ini, untuk menambah semangat juga perhatian kita (Bhayangkari) haruslah benar benar memberikan perhatian khusus, sebagai istri dari personil kepolisian kita juga harus mendukung penuh tugas suami kita, yang mana harus juga bisa melayani dan memberikan yang terbaik untuk masyarakat,” ungkap Ketua Bhayangkari.


Diselah-selah geiatannya Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis SH MH yang didampingi para pejabat utamanya menjelaskan, diketahui akhir-akhir ini memang cuaca di Kabupten Batubara ini sangat extrim tak tau penyebabnya apa.




Setelah banjir kiriman melanda beberapa desa, kali ini angin puting beliung menghantam desa yang sama, yakni Desa Talawi. 


"Saya harapkan kita bisa mengintropeksi diri kita dari kejadian-kejadian yang telah menimpah kita, agar bisa berbuat lebih baik dari mulai dini," ujar AKBP Ikhwan.


Dirinya bersama para perangkat desa juga KSJ yang ada di wilayah Desa Benteng ini melakukan bakti sosial dan mengajak pemerintah untuk peduli kepada mereka yang membutuhkan dan warga yang tertimpa bencana seperti kali ini.


“Kita juga harus waspada terhadap situasi sekarang dengan cuaca yang tak menentu,” ungkap Kapolres.


Warga desa yang terkena bencana Angin puting beliung Jumiati (49) tahun di Desa Benteng sedikit menambahkan kisah terjadinya angin kencang tersebut.


“Awal mula terjadinya, cuaca tiba tiba mendung dan seperti mau hujan, tiba-tiba ada angini yang mengarah ke kanan dan ke kiri, dengan hitungan detik angin mengangkat atap rumah kami hingga terbongkar menimpah rumah tetangga juga isi rumah berantakan, kain kain beterbangan ke atas, kami bingung tak sempat melarikan diri hanya bertahan di bawah tempat tidur. Kejadian hanya berlangsung sepuluh menit saja dan setelah perlahan berhenti kami melihat rumah rumah pada berantakan semua,” ungkap Jumiati kepada awak media . (Hen)