Luar Biasa..! 5 Mahasiswa Fakultas Farmasi USU, Berhasil Ciptakan Kreativitas Anti Jerawat -->

Iklan Semua Halaman

Luar Biasa..! 5 Mahasiswa Fakultas Farmasi USU, Berhasil Ciptakan Kreativitas Anti Jerawat

Redaksi
Senin, 26 Juli 2021



METROINDO.CO.ID | MEDAN - Lima mahasiswa Fakultas Farmasi (FF USU) dan Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara (FT USU) berhasil membuat peluang usaha melalui Program Kreativitas Mahasiswa dengan memanfaatkan ekstrak batang tanaman Jarak Pagar sebagai Plester Hidrogel anti Jerawat dimasa pandemi.

Kelima Inisiator tersebut terinspirasi membuat Plester Hidrogel tersebut karena banyaknya remaja yang mengeluh tentang permasalahan jerawat terlebih akibat karantina dan penggunaan masker setiap harinya. 


Hal itu memicu stress dan mengakibatkan munculnya Jerawat yang membuat wajah menjadi tidak sehat dan kusam, ditambah lagi sangat banyak sekali produk antijerawat yang masih menggunakan bahan aktif kimia yang dapat merusak kulit seperti merkuri, dan lain lain nya.


Untuk mengatasi permasalahan tersebut, mereka mencoba menginovasikan produk antijerawat yang praktis dan alami berbahan dasar ekstrak batang tanaman Jarak Pagar. 


Kelima Mahasiswa yang berhasil menciptakan Program Kreativitas dengan memanfaatkan ekstrak batang tanaman Jarak Pagar sebagai Plester Hidrogel anti Jerawat dimasa pandemi


Ekstrak batang tanaman Jarak Pagar (Jatropha Curcas L.) memiliki kandungan zat aktif yang mampu mengatasi masalah kulit terutama kulit berjerawat salah satunya adalah Flavanoid, Tannin dan Saponin yang berkhasiat sebagai antibakteri dan antiinflamasi. 


Produk tersebut berteknologi Plester Hidrogel yang mudah digunakan dan dapat merelaksasikan kulit berjerawat karena kandungan hidrogelnya yang dapat menciptakan sensasi sejuk pada kulit berjerawat.

"Kandungan ekstrak batang tanaman jarak pagar seperti flavanoid, tannin dan saponin dengan segala jenis turunannya memiliki zat aktif yang baik terhadap sisi aktif pada kulit sehingga dapat menghambat bakteri akibat jerawat. Selain itu, Produk ini berteknologi hidrogel sehingga dapat Menciptakan sensasi dingin yang dapat mengurangi rasa sakit pada jerawat," terang Ardiansyah Putra, didampingi ke Empat Mahasiswa lainnya, Nabyla Ummil Husna, Rahmatsyah Karo Karo, Wisnu Junior Butarbutar, dan Diky Syah Putra. Senin (26/7/2021).

Riko sapaan akrab Ardiansyah Putra menambahkan, Phadrel hadir dalam mengatasi masalah jerawat anda akibat stress selama pandemi.


"Selain berbahan dasar alami phadrel juga hadir dengan harga yang ekonomis, dan cocok dipakai dengan semua usia," jelasnya. (Hen)