Antusias Vaksinasi Tahap ke II Lansia dan Pra Lansia di Dolok Hole -->

Iklan Semua Halaman

Antusias Vaksinasi Tahap ke II Lansia dan Pra Lansia di Dolok Hole

Redaksi
Sabtu, 24 Juli 2021



METROINDO.CO.ID | TAPSEL - Lanjutan dari vaksinasi massal Lansia dan Pra Lansia tahap l, yang berjarak 28 hari, kini tiba masuk Vaksinasi Massal Lansia dan Pra Lansia tahap II hari ini. Sabtu (24/7/2021).


Dalam rangka percepatan vaksinasi lanjut usia (lansia) dan pra lansia, Dinas Kesehatan (Dinkes) Puskemas Sipagimbar menyelenggarakan vaksinasi massal bagi lansia dan pra lansia yang belum mendapatkan vaksin Tahap ke 2, COVID-19 secara gratis.


Tempat pelaksanaan vaksinasi massal untuk Lansia dan Pra Lansia di Kantor Camat/Gedung aula Serba guna, Kelurahan Sipagimbar Kecamatan Saipar Dolok Hole Kabupaten Tapanuli Selatan.


Pelaksanaan vaksinasi massal Lansia dan Pra Lansia 2 hari dari tanggal (23/07/2021) hingga (24/07/ 2021).




Proses vaksinasi massal Lansia dan Pra Lansia semua sama dengan vaksinasi pada tahap l dan tahap II umumnya. Mereka harus melalui skrining sebelum pemberian vaksin. Vaksin yang digunakan adalah vaksin Sinovac. Pemerintah menjamin vaksin Sinovac yang digunakan sesuai dengan standar keamanan dan telah melewati uji klinis yang ketat.


Syarat untuk ikut vaksinasi cukup mudah. Masyarakat cukup membawa surat vaksinasi tahap l, surat undangan dari Kepala Desa untuk di vaksinasi tahap ke II,  membawa KTP ketika menuju tempat pelaksanaan vaksinasi massal COVID-19. Warga datang dari berbagai Desa, Dusun, Kecamatan Saipar Dolok Hole, Kabupaten Tapanuli Selatan.


Sebelum pelaksanaan Vaksinasi Massal Lansia dan Pra Lansia, Kapolsek Saipar Dolok Hole Iptu. Zulham.SH menyampaikan kepada masyarakat Kecamatan Saipar Dolok Hole agar selalu ikuti prokes dan menerapkan 5 M, dalam kehidupan sehari-hari, selalu memakai masker keluar rumah, apalagi mau mencari nafkah untuk keluarga.




"Gunanya untuk memutuskan rantai virus corona Covid-19, yang kita hadapin bersama," ujar Iptu Zulham.


Lansia maupun pra lansia yang ikut vaksinasi harus mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. Mereka akan melakukan cuci tangan terlebih dahulu sebelum menuju ke meja pendaftaran diri dengan memperlihatkan KTP agar supaya biodatanya bisa dituliskan dalam  Skrining.


Setelah itu, mereka dipersilakan untuk duduk di kursi yang telah disediakan oleh panitia penyelenggara pelaksanaan vaksinansi massal. Letak kursi diberi jarak. Kendati belum masuk ideal namun tetap berjarak.


Di kursi itu, masyarakat mengantri menunggu panggilan untuk skrining sesuai nomor pendaftaran sebagai nomor antriannya. Petugas dari Dinkes di bantu oleh pihak Polsek Saipar Dolok Hole akan memanggil melalui microphone dengan menyebut nomor antrian dan desa, dusun pemeriksaannya. Yang dimaksudkan desa, dusun pemeriksaan itu, berdasarkan jadwal tim kesehatannya. Umumnya tim dari Puskesmas.


Pada waktu pendaftaraan tadi, mereka sudah akan dikelompokkan menurut desa, dusun pemeriksaannya meski tidak berasal dari desa, dusun yang sama. Tujuannya agar tidak terjadi penumpukan massa dalam pemeriksaan, dan hal itu sekaligus untuk melakukan distribusi target capaian dari tim Puskesmas yang ada.


Setelah mendengar panggilan dari petugas, mereka harus bergegas menuju ke meja skrining. Di situ telah ada sejumlah perawat maupun dokter. 


Mereka akan diukur tekanan darahnya dan diwawancarai perihal riwayat penyakitnya. Mengenai riwayat penyakit ini, masyarakat dituntut jujur agar supaya dalam vaksinasi tidak terjadi efek yang tidak diinginkan, seperti misalnya mereka punya komorbid maka harus diceritakan kepada petugas skrining.


Usai disuntik vaksin, Lansia dan Pra Lansia akan menuju ke meja bagian pencatatan untuk observasi. Di meja itu terdapat petugas yang terbanyak. Petugas itu akan melakukan in put data dengan laptop dari lembaran yang di bawa oleh masyarakat yang melakukan vaksinasi, dan mempersilakan mereka untuk duduk di kursi observasi yang telah disediakan.


Karena observasi ini memerlukan waktu terbanyak sekitar 20-30 menit, maka acapkali mengalami crowded. Bila terjadi crowded, petugas pemanggilan nomor antrian akan menghentikan pemanggilannya sesaat sambil melihat apakah sudah terlihat ada kursi observasi yang kosong lagi.


Dalam pelaksanaan vaksinasi massal ini, Dinkes Puskesmas Sipagimbar menargetkan melayani 1.333 vaksinasi Lansia dan Pra Lansia.


Turut hadir dalam pelaksanaan vaksinasi massal tahap II," Kapolsek Saipar Dolok Hole Iptu. Zulham. SH, PJU Polsek Saipar Dolok Hole, Bhabinkamtibmas Aipda K. Bagun, Aipda. Ihsan, Brika. F. Batubara, Danramil 04/SDH diwakili Serka.A. Danil, Camat Saipar Dolok Hole, Para Babinsa Koramil 04/SDH, (Plt). I.Daulay, Sekcam SDH. A. Hasibuan, PNS Kecamatan, Kapus Sipagimbar G.Hasibuan, Dokter Sipagimbar Dr.Juli, Kapus Aek Billa.S. Simanjuntak, Tim Medis Puskesmas Sipagimbar, Tim Satgas kecamatan, Tim Covid-19 SDH. (Erry Jabat).