HNSI Apresiasi Kunjungan Walikota Medan ke Gabion Belawan -->

Iklan Semua Halaman

HNSI Apresiasi Kunjungan Walikota Medan ke Gabion Belawan

Redaksi
Selasa, 13 April 2021
Ketua DPD HNSI Sumut Zulfahri Siagian dampingi Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution saat berkunjung ke Gabion Belawan



METROINDO.CO.ID | BELAWAN - Walikota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution didampingi Kepala Dinas Perikanan, Pertanian dan Peternakan Kota Medan Iksar Marbun berkunjung ke Pelabuhan Perikanan Samudera Belawan (PPSB), Gabion, Belawan, Selasa (13/4/2021).


Dalam kunjungan tersebut Walikota Medan melihat aktifitas bongkar muat kapal ikan sambil mendengar cerita dan informasi dari nelayan serta pengurus organisasi nelayan tentang situasi nelayan Medan serta penertiban aturan mengenai usaha tangkap ikan yang masih banyak.


"Mengenai penertiban aturan bukan wewenang Pemko Medan karena itu wewenang dari Kementerian Kelautan dan Perikanan. Kita hanya bertugas membina nelayan khususnya nelayan Kota Medan melalui program yang sudah ada atau usulan dari nelayan," kata Walikota.


Pada kesempatan itu, Khairuddin Nasution alias Kadin mengatakan, hubungan nelayan kecil dengan kapal besar selama ini baik baik saja dan tidak pernah ada ketersinggungan karena kedua belah pihak menangkap ikan pada zona tangkap masing-masing.




"Jadi tidak benar kalau ada orang yang mengatakan kapal besar telah mengganggu nelayan kecil dan saya sudah puluhan tahun jadi nelayan," tegas Kadin, warga Kelurahan Bagan Deli, itu dengan suara lantang.


Kemudian, seorang nelayan jaring ikan gembung Kelurahan Pekan Labuhan, Zulkarnaen Bin Jakfar menegaskan, selama ini nelayan besar mencari ikan di perairan 12 mil ke atas. Sedangkan nelayan kecil mencari ikan di laut pinggir atau 10 mil ke bawah. 


Bahkan penegasan atas kesepakatan zona tangkap tersebut telah dituangkan dalam sebuah kesepakatan bersama yang ditandatangani oleh pemilik kapal besar dan kecil.


"Pengamatan kami belakangan ini kapal besar lebih sering menangkap ikan di perairan diatas 15 mil karena jika mereka sampai ke pinggir atau dibawah 10 mil maka kapal mereka akan kandas," ungkapnya.


Terpisah. Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Medan Abdul Rahman alias Atan didampingi Sekertaris Rustam Effendi Maha, SH berterima kasih dan mengapresiasi kehadiran Walikota Kota Medan yang telah berkunjung ke Gabion, Belawan. 


"Saya sangat mengapresiasi atas kehadiran Wali Kota Medan, karena baru kali inilah Walikota Medan kunjungan kerja ke Gabion dan semoga melalui kunjungan ini ada dampak positif ke warga dan nelayan Medan," ujarnya.


Kunjungan menantu Jokowi itu ke Gabion berlangsung sekitar 1 jam. Mengetahui Walikota datang, banyak nelayan berdatangan dan guna menghindari kerumunan ditengah pencegahan Covid 19, Walikota Medan dan robongan bergerak ke Kelurahan Sicanang untuk memberi bantuan kepada korban kebakaran. (Hen).