Pupuk Bersubsidi Langka Di Desa Sidapdap Simanosor -->

Iklan Semua Halaman

Jasa website

Pupuk Bersubsidi Langka Di Desa Sidapdap Simanosor

Redaksi
Jumat, 19 Maret 2021



METROINDO.CO.ID | TAPSEL - Langkanya pupuk bersubsidi, membuat Pemerintah Desa Sidapdap Simanosor Kecamatan Saipar Dolok Hole Kabupaten Tapanuli Selatan, mengadakannya rapat. Kamis, (18/03/2021).


Dalam pertemuan rapat tersebut hadir Kepala Desa Sidapdap Simanosor Ibrahim Siregar, PPL Pertanian Saipar Dolok Hole Yesi Arni Tanjung, Babinsa Koramil 04/ SDH Serda A.M.Tarigan, pendamping Desa Sapar Pohan, ketua kelompok tani bersama Sidapdap Siregar, Kaur Desa Sidapdap Simanosor dan tokoh masyarakat.


Bahkan sampai saat ini Pemerintah Desa tidak hentinya mengatasi keluhan para petani yang menginginkan, agar kelangkaan pupuk segera mungkin teratasi dan tersedia di sejumlah kios tani dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan).


Kepala Desa Sidapdap Simanosor Ibrahim Siregar mengatakan kelangkaan pupuk di Desa Sidapdap Simanosor telah lama dikeluhkan, bahkan menjadi polemik yang tidak kunjung usai diperbincangkan oleh para petani.


Mengingat, kondisi pertanian di Desa Sidapdap Simanosor telah memaksuki tahap pemupukan tanaman seperti cabe,kopi,padi, ini kayu, jagung dan lainnya.


"Memang masalah langkanya pupuk di Desa Sidapdap Simanosor ini menjadi sebuah perbincangan dan polemik khususnya bagi para petani."ucap Ibrahim.


Saat ini kata Ibrahim sudah lewat pelaksanaan musim tanam, disamping keberadaan pupuk yang masih simpang siur.


Sebagai kepala desa, ia tetap ingin masyarakat terlindungi dan kebutuhan pupuk sebagai bahan baku pertanian agar tersedia. 


"Kami sudah mencoba mengumpulkan sejumlah kelompok tani di Desa. Dalam rapat ini PPL Pertanian Kecamatan Saipar Dolok Hole agar memberikan masukan dan pencerahan tentang langkanya persedian pupuk," tambahnya,


Lanjut Ibrahim, kondisi sekarang petani di Desa Sidapdap Simanosor tidak menyalahkan pemerintah desa perihal kelangkaan pupuk, sehingga dengan mempertemukan pihak PPL Kecamatan, petani bisa mengerti dan mengatahui permasalahan sebenarnya.


Sedangkan ketua kelompok tani bersama  berharap, pemerintah pusat segera mungkin mendengar keluhan petani dan jangan sampai berlarut-larut dalam mengatasi permasalahan kelangkaan pupuk.


“Dengan kelangkaan pupuk saat ini PPL kecamatan ketika melakukan survei untuk penyusunan RDKK, saya dapat melakukan survei langsung ke masyarakat desa. Karena yang tau persis kebutuhan petani itu petani Desa Sidapdap Simanosor bukan dari pusat, ”tutup Ketua Kelompok Tani. (Erry Jabat).