Haris Kelana : Siap Membantu dan Mengawal Aspirasi Masyarakat Dalam Mengentaskan Kemiskinan -->

Iklan Semua Halaman

Haris Kelana : Siap Membantu dan Mengawal Aspirasi Masyarakat Dalam Mengentaskan Kemiskinan

Redaksi
Minggu, 28 Maret 2021
Anggota DPRD Kota Medan Fraksi Partai Gerindra Haris Kelana Damanik,ST



METROINDO.CO.ID | MEDAN - Anggota DPRD Kota Medan Fraksi Partai Gerindra Haris Kelana Damanik ST melakukan sosialisasi Perda No. 5 Tahun 2015 tentang Penanggulangan Kemiskinan kepada warga di Pasar 3 Timur Lingkungan 26, Kelurahan Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan Sumatera Utara. Minggu (28/03/2021).


Dalam sosialisasi tersebut diikuti kepala lingkungan dan warga dari enam lingkungan yakni 23, 24, 26, 27, 28 dan 29, tokoh masyarakat, serta organisasi kepemudaan.

 

"Penanggulangan kemiskinan adalah kebijakan berupa program pemerintah dan pemerintah daerah yang dilakukan secara sistematis, terencana dan bersinergi dengan dunia usaha dan masyarakat untuk mengurangi jumlah penduduk miskin dalam rangka meningkatkan derajat kesejahteraan rakyat," ujar Haris Kelana.


Kegiatan sosialisasi ini bertujuan bagaimana mengentaskan kemiskinan yang ada di Kota Medan.




Salah satu caranya yakni masyarakat membuat kelompok- kelompok produktif agar bisa mendapat bantuan program untuk membangun perekonomian. Seperti Kelompok Usaha Bersama (KUBE), Koperasi, atau kelompok tani, kelompok peternak dan kelompok perikanan.


"Kami harap, kepling tidak boleh lebih mementingakan kepentingan keluarga sendiri dari pada warga lingkungan," harapnya.




Lanjut Haris Kelana Damanik, begitu juga mengenai pemenuhan hak kesehatan, masyarakat bisa melapor jika belum mempunyai BPJS atau belum terdata sebagai masyarakat miskin yang berhak atas bantuan sosial. Dirinya akan berupaya, membantu mengawal aspirasi masyarakat dalam mendapatkan bantuan dari Pemko Medan.


Bukan hanya kemiskinan dan kesehatan, Haris Kelana juga menyerap aspirasi masyarakat terkait keluhan masyarakat masalah alat angkut sampah, Air PDAM, lampu penerangan jalan yang mengakibatkan tindakan kriminal, dan menertibkan tempat maksiat seperti cafe remang remang yang menjamur di seputaran benteng Sungai Deli Jalan datuk rubiah.


"Insya Allah saya siap membantu dan mengawal aspirasi masyarakat seperti mengentaskan kemiskinan, kesehatan, sampah, Air PDAM, lampu penerangan dan saya akan berkordinasi dengan pihak muspika untuk menertibkan cafe diduga untuk maksiat di benteng sungai deli ," ujar Anggota Dewan Komisi 2 DPRD Kota Medan itu.


Sementara itu, Pariono Kepala Lingkungan 23 mendukung program pemberdayaan UMKM terutama pembentukan kelompok- kelompok usaha di masyarakat. Menurutnya, dilingkungan 23 banyak memiliki usaha - usaha rumah tangga yang perlu bantuan dana pemerintah agar bisa mengembangkan usahanya.


Kegiatan Sosialisasi Perda No. 5 Tahun 2015 tentang Penanggulangan Kemiskinan berjalan lancar dan tetap mematuhi protokol kesehatan. (Hen)