Benteng Sungai Deli Nyaris Jebol, Ratusan Rumah Terancam Terendam Banjir -->

Iklan Semua Halaman

Jasa website

Benteng Sungai Deli Nyaris Jebol, Ratusan Rumah Terancam Terendam Banjir

Redaksi
Jumat, 29 Januari 2021



METROINDO.CO.ID | MARELAN - Benteng Sungai Deli kembali erosi dan nyaris jebol di Jalan Young Panah Hijau, Lingkungan 7, Kelurahan Labuhandeli, Kecamatan Medan Marelan, Jumat (29/01/2021) sekitar jam 10.00 Wib. 


Benteng Sungai Deli Erosi Runtuhnya benteng secara tiba - tiba mengakibatkan pohon kelapa tumbang menimpa boat nelayan yang ditambat di pinggir sungai. Tidak ada korban jiwa atas musibah itu, namun kondisi benteng yang runtuh sekitar 50 meter mengancam banjir ratusan rumah di sekitar benteng tersebut. 


Masyarakat terlihat waspada di sekitar lokasi benteng sungai yang sebelumnya pernah terkikis ambruk, harapan warga ada perhatian serius dari pemerintah untuk menganggulangi secara darurat terhadap tanggul itu. 


"Tadi tiba - tiba aja ambruk, pohon kelapa sampai tumbang mengenai boat. Kami khawatir kalau hujan deras dan sungai meluap bakal jebol parah membanjiri rumah warga," keluh warga sekitar, Jalal (52) dengan mengharapkan agar pihak berwenang menanggani tanggul itu dengan memperbaiki sementara secara darurat. 




"Kami di sini masih was - was, kalau ini dibiarkan terus bakal jebol nanti. Kami minta pemeŕintah segera ambil tindakan," pinta Jalal.

 

Tindakan Darurat


Terpisah, Anggota Komisi 2 DPRD Kota Medan Haris Kelana Damanik,ST menegaskan, agar Pemprov Sumatera Utara melalui Balai Wilayah Sungai (BWS-ll) untuk segera mengambil langkah perbaikan, agar musibah itu semakin parah.


"Ini sudah mengkhawatirkan, kita harap ada tindakan dini mengatasi secara darurat terhadap kondisi benteng tersebut," tegas Haris Kelana.


Politisi Partai Gerindra ini juga meminta kepada Dinas PU Kota Medan untuk turut berperan mengatasi secara darurat, sebelum adanya perbaikan secara permanen dapat ditangani secara dini lebih dulu. 


"Kita minta Dinas PU Kota Medan untuk segera turun ke lapangan. Begitu juga BPBD Kota Medan juga turut andil untuk mengecek lokasi - lokasi rawan di sepanjang Sungai Deli yang terancam jebol bentengnya, agar dapat diatasi lebih dulu," harap Anggota Dewan dari Dapil 2 mencakupi Kecamatan Medan Marelan, Medan Deli, Medan Labuhan dan Medan Belawan ini. (Hen)