Aliansi Pembasmi Narkoba dan Polsek Labuhan Kompak Berantas Narkoba -->

Iklan Semua Halaman

Aliansi Pembasmi Narkoba dan Polsek Labuhan Kompak Berantas Narkoba

Redaksi
Senin, 25 Januari 2021



METROINDO.CO.ID | MARELAN - Elemen yang tergabung dalam Aliansi Pembasmi Narkoba di Kecamatan Medan Marelan bersama Polsek Medan Labuhan melaksanakan Rapat Koordinasi dalam pemberantasan narkoba di Wilayah Hukum Polsek Medan Labuhan. Kegiatan tersebut berlangsung di Cafe Danau Siombak, Kelurahan Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan. Senin (25/01/2021).


Ketua Aliansi Pembasmi Narkoba Sahdan Kobra meminta Kapolsek Medan Labuhan serius dalam penanganan kasus Narkoba diwilayah hukumnya.


Hal tersebut disampaikan sewaktu gelar Rapat koordinasi pemberantasan narkoba di Wilayah Hukum Polsek Medan Labuhan dan meminta tanggapan terkait proses hukum yang dialami salah seorang  yang diamankan pihak Polsek Medan Labuhan dengan dugaan penyalahgunaan Narkotika sesuai dengan UU nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.


“Saya meminta kepada pihak Polsek Medan Labuhan dapat bekerja dengan baik dan serius dalam penanganan tindakan penyalahgunaan Narkotika," ucap Ketua Komando Bela Negara (Kobra) itu.




Syahdan Kobra juga menegaskan, upaya yang dilakukan Polsek Labuhan harus adil dan tidak pandang bulu.


"Seperti penangkapan beberapa hari lalu ada 3 orang diamankan anggota Polsek Labuhan tetapi 2 orang bisa bebas dan satu pelaku masih ditahan, apa sebabnya," tanya Ketua Aliansi Pembasmi Narkoba itu.


Upaya pemberantasan narkoba yang dilakukan POLRI khususnya Polsek Labuhan, akan sia-sia apabila ada dugaan tangkap lepas dan dari unsur terkait lainnya tidak melakukan upaya preventif seperti pemusnahan dilakukan. Oleh karena itu, unsur terkait harus bersinergi secara estafet dengan mengesampingkan ego sektoral.




“Memberantas Narkoba harus bersinergi, harus ada keterpaduan antara instansi satu dengan lainnya dan jangan sampai adanya bahasa 86, sehingga misi untuk memberantas Narkoba bisa tercapai”, tegas Syahdan.


Hal senada dikatakan Dodi Tongat Sitepu, perwakilan dari Tokoh Pemuda Medan Marelan menyampaikan harapannya agar Polsek Medan Labuhan selalu menggandeng Ormas, Tokoh Pemuda dan Tokoh Masyarakat untuk sama sama memberantas narkoba.





"Saya siap untuk bekerjasama dengan Polisi dalam pemberantasan narkoba di wilayah kita ini, jangankan orang lain yang memakai narkoba, anak saya sendiri aja saya tangkap dan saya masukan ke penjara jika terlibat narkoba," ucap Ketua PAC Partai Hanura Marelan itu.


Aliansi Pembasmi Narkoba dengan Polri terkait upaya meningkatkan sinergitas dalam bidang pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN), khususnya dalam pelayanan rehabilitasi bagi pecandu dan penyalahguna narkoba.


Sementara. Juwita Hasibuan Ketua Gerakan Anti Narkoba (Granat) Kecamatan Medan Marelan mengatakan. Sinergitas antara Elemen Aliansi Pembasmi Narkoba akan dijadikan payung hukum untuk Polri membantu menyukseskan target rehabilitasi tersebut.


"kami dari Granat dan Aliansi Pembasmi Narkoba mendukung pemerintahan untuk membangun beberapa fasilitas ruangan dan pusat-pusat pendidikan (pusdik) yang nanti nya bisa digunakan sebagai tempat rehabilitasi," harapnya.


Kapolsek Medan Labuhan Kompol Edy Safari juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berperan aktif dalam memberantas narkoba.


"Kerja sama Polri dan Elemen masyarakat memang diperlukan. Tapi juga diperlukan keterlibatan seluruh masyarakat," ujarnya.


Ia mengurai peran aktif masyarakat tersebut dalam bentuk upaya pencegahan keluarga agar tidak terlibat penyalahgunaan narkoba.


"Cegah keluarga kita terlibat narkoba. Kalau bisa para kepala keluarga menyampaikan edukasi kepada putra-putri mereka mengenai bahaya narkoba. Hal ini penting agar ruang gerak (peredaran) narkoba menjadi sempit," ucap Mantan Kasat Narkoba Polres Belawan itu sembari meminta kepada para Elemen Aliansi Pembasmi Narkoba untuk membatalkan aksi damai di Polres Pelabuhan Belawan yang akan dilakukan. Selasa (26/01/2021), Esok.


Kemudian, para Elemen Masyarakat yang tergabung dari 13 Elemen pemerhati terhadap narkoba membuat surat kesepakatan dan penandatanganan surat pembatalan aksi damai yang akan dilakukan di Halaman Polres Pelabuhan Belawan.


Turut Hadir dalam Rakor tersebut, Kapolsek Medan Labuhan Kompol Edy Safari SH, Kanit Reskrim Iptu Andi Rahmadsyah, Kanit Intelkam, Ketua PP Ranting Rengas Pulau Dodi Tongat Sitepu, Ketua Komando Bela Negara (Kobra) Syahdan, Ketua Granat Marelan Juwita Hasibuan dan Tokoh pemerhati narkoba lainnya. (Hen)