UKW Angkatan 32, Dinyatakan 32 Peserta Lulus 4 Peserta Gagal -->

Iklan Semua Halaman

UKW Angkatan 32, Dinyatakan 32 Peserta Lulus 4 Peserta Gagal

Redaksi
Sabtu, 05 Desember 2020
Perwakilan Peserta UKW Aston dari Media 24Jam  saat memberikan kata sambutan



METROINDO.CO.ID | KARO - Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan ke-32, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo, berjalan sukses dan tetap mematuhi ptotokol kesehatan, Jumat (04/12/2020).


Kegiatan UKW ini berlangsung sejak Rabu hingga Jumat (02-04 Desember 2020) dilaksanakan di Grand Orri Hotel Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Diikuti 36 peserta, 32 peseta lulus dan 4 diantaranya dinyatakan tidak lulus.


Turut hadir di acara penutupan, mewakili Bupati Kabupaten Karo Kabag Protokoler Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Karo Leo Surbakti, Enam orang penguji Tarmilin Usman (PWI Aceh),  Hendry CH Bangun (Wakil Ketua Dewan Pers), Hermansjah (Ketua PWI Sumut), Syahril (anggota PWI Sumut), Dedi (PWI Medan), dan Oktap Riady (perwakilan PWI Pusat).


Ketua PWI Sumut Hermansjah SE mengatakan, wartawan profesional harus mengikuti perkembangan zaman. 


“Artinya belajar itu harus terus menerus, tidak mengenal usia dan mengikuti perkembangan teknologi. Setelah lulus UKW ini, tidak lagi dianggap wartawan abal-abal ataupun wartawan kaleng-kaleng," ujar Hermansjah.




Dia mengingatkan agar wartawan bekerja mengikuti kode etik jurnalistik (KEJ) dan mampu berpartisipasi dengan pemberitaan-pemberitaan yang membangun, juga menarik minat investor. 


“Melalui tulisan wartawan diharapkan dapat menyelesaikan masalah. Berita harus ada perimbangan, jangan terpancing hoaks,” ucap Wartawan Senior yang bekerja di Koran Harian Analisa itu sembari mengucapkan selamat kepada wartawan yang lulus UKW.


Pemkab Karo perdana menggelar UKW Angkatan 32 di wilayah Sumatera Utara dengan jumlah 36 peserta dari empat kabupaten/kota di Sumatera Utara.


"Pemkab Karo baru pertama kali ini menggelar UKW. Kalau semua wartawan mampu mengikuti UKW, ke depannya rekan-rekan wartawan akan mampu menjadi wartawan profesional, berkualitas dan berkompeten," tandasnya.

 

Sebelum kegiatan UKW berlangsung, puluhan wartawan dibekali pelatihan jurnalistik yang berlangsung Selasa (02/12/2020),lalu.


Perwakilan Dewan Pers Ocktap Riady Ketua Advokasi Pembelaan Wartawan PWI Pusat, mengatakan sangat mendukung kegiatan UKW yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah, tidak jauh berbeda dengan harapan dari Ketua PWI Sumut yang berharap agar ke depan bagi rekan wartawan yang mengikuti UKW, mampu lebih profesional di lapangan.


Sementara itu Bupati Karo Terkelin Brahmana, melalui Kabag Humas Protokol Leonardo Surbakti berharap agar UKW berjalan dengan sukses.


"Selamat bagi peserta yang lulus mengikuti Kompetisi Ujian Wartawan, bagi peserta yang tidak lulus jangan berkecil hati, tetap semangat dan belajar terus agar Enam bulan kedepan bisa mengikuti UKW kembali," katanya. (Hen)