Yonmarhanlan I Ikuti Kegiatan Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut di Pantai Labu Deli Serdang -->

Iklan Semua Halaman

Jasa website

Yonmarhanlan I Ikuti Kegiatan Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut di Pantai Labu Deli Serdang

Redaksi
Rabu, 18 November 2020



METROINDO.CO.ID | DELI SERDANG - Prajurit Petarung Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) I dipimpin langsung Danyonmarhanlan I Letkol Marinir Farick, M.Tr. Opsla mengikuti kegiatan Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut (Dawilhanla) Wilayah Pesisir TA 2020 Diwilayah Kerja Lantamal I, yang bertempat di Pantai Alam Serdang Dsn III Kel. Regemuk Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang. Rabu (18/11/2020).


Hadir dalam kegiatan tersebut Danlantamal I Belawan, Bupati Deli Serdang, Paban III Spotmar Mabesal Kolonel Marinir Soehariadi, Pejabat Utama Lantamal I Belawan, Dandim 0204 Deli Serdang, Danyonmarhanlan I Belawan, Kapolres Deli Serdang, Para Pejabat Dinas Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, Tokoh Agama dan tokoh Masyarakat Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang.


Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, SE, MM, dalam amanatnya yang dibacakan oleh Danlantamal I Belawan menyampaikan, bahwa kita dapat hadir pada acara puncak pemberdayaan wilayah pertahanan laut (Dawilhanla ) pesisir tahun 2020 di Lantamal I Belawan dengan tema "TNI AL menyelenggarakan  program Dawilhanla  pesisir TA 2020 di Wilayah Belawan, Pangandaran, Pontianak dan  Balikpapan Guna Terwujudnya Penyiapan Komponen Cadangan dan Komponen Penduduk dalam Rangka Pertahanan Negara".




"Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa fungsi Dawilhanla merupakan salah satu tugas utama TNI Angkatan Laut yang disebutkan dalam Undang undang Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, alat dan kondisi (Rak) juang yang tangguh bagi kepentingan pertahanan negara di laut dalam rangka mendukung sistem pertahanan rakyat semesta," ujar Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, SE, MM, dalam amanatnya yang dibacakan oleh Danlantamal I Belawan.




Acara puncak Dawilhanla pesisir tahun 2020 ini diselenggarakan dalam rangka inisiasi program Dawilhanla terencana terencana terpadu dan berkesinambungan yang telah dilaksanakan diwilayah Lantamal I Belawan, Pangandaran, Pontianak dan Balikpapan yang merupakan aktualisasi dari tugas utama serta kiprah TNI AL dalam upaya percepatan pembangunan diwilayah pesisir, peningkatan kesehatan, kesejahteraan masyarakat, kesadaran bela negara dan wawasan kebangsaan, percepatan pembangunan daerah serta peningkatan ketahanan wilayah nasional.




Kesuksesan penyenggaraan Dawilhanla ini tentunya tidak terlepas dari dukungan serta kerja sama yang baik dengan pihak pemerintah daerah setempat dari tingkat Provinsi serta Kotamadya/Kabupaten, serta kementerian, lembaga pemerintah dan juga pihak swasta yang menaruh perhatian terhadap Optimalisasi pembinaan potensi Maritim melalui kegiatan berorientasi untuk mengatasi kesulitan masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat maritim khususkan di wilayah pesisir.




"Saya mengharap agar dengan terlaksananya program Dawilhanla dalam bentuk Bhakti TNI Angkatan Laut kepada masyarakat ini dapat mempercepat proses pembangunan karakter bangsa _*( Proses Character Building )*_ serta mempasilitasi terciptanya hubungan lintas sektor antara TNI Angkatan Laut dengan Instansi pemerintah dan Swasta serta masyarakat dalam rangka. Mewujudkan tenun kebangsaan yang lebih solid dalam  kerangka sinergi untuk negri," terang Danlantamal.




Untuk itu, singkronisasi langkah dan tindakan serta kerjasama dan sinergitas satuan komando kewilayahan TNI AL harus senantiasa menjadi penekanan utama agar selara dengan Dinamika dan perkembangan sosial dalam kemasyarakatan diwilayah masing masing guna mencapai kesuksesan dam hal imflementasi program Dawilhanla.


"Saya tekankan kepada seluruh jajaran prajurit TNI Angkatan Laut untuk terus memberikan Darma Bakti terbaik, demi tegaknya kedaulatan dan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonenesia," tegasnya.


Adapun kegiatan acara diawali apel kesiapan dipimpin oleh Danlantamal I dilanjutkan penanaman Manggrove secara simbolis, peninjauan bersih bersih pantai, laporan ketua panitia pelaksana, amanat Kasal yang dibacakan Komandan Lantamal I Belawan Brigjen TNI (Mar) I Made Wahyu Santoso, sambutan Bupati Deli Serdang, penyerahan sembako secara simbolis, penyerahan sajadah dan Al-Qur'an, penandatanganan prasasti, penyerahan cinderamata, penyerahan surat keputusan rumah nelayan secara simbolis, pembacaan Doa dan diakhiri dengan ramah tamah. (Hen)