Pasiops Yonmarhanlan I Ikuti Latihan Pencarian Dan Penyelamatan (SAR) Di Lantamal I -->

Iklan Semua Halaman

Jasa website

Pasiops Yonmarhanlan I Ikuti Latihan Pencarian Dan Penyelamatan (SAR) Di Lantamal I

Redaksi
Sabtu, 07 November 2020



METROINDO.CO.ID | BELAWAN -  Perwira Seksi Operasi (Pasiops) Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) I Belawan Kapten Marinir Santri Mada Sitepu mengikuti Latihan Pencarian dan Penyelamatan ( SAR) TA. 2020, bertempat di gedung Yos Sudarso Mako Lantamal I Belawan. Sabtu, (07/11/2020).


Latihan operasi dukungan pencarian dan penyelamatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan dan mengukur tingkat kesiapsiagaan personel dan unsur-unsur SAR TNI Angkatan Laut, khususnya Koarmada I dalam melaksanakan operasi penanggulangan kecelakaan di laut sehingga dapat diperoleh suatu gambaran kemampuan operasional Koarmada I mulai dari tingkat perorangan sampai satuan sehingga tercapai pola pikir dan pola tindak yang sama antar unsur SAR pada pelaksanaan operasi laut.


Pangkoarmada I sebagai Dirlat menjelasakan bahwa, Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, bahwa tugas SAR merupakan salah satu tugas dari 14 tugas TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP), oleh karena itu, sebagai salah satu komponen TNI, Koarmada I mempunyai tanggung jawab untuk melaksanakan tugas tersebut sebagai pengejawantahan dari ketentuan perundang-undangan yang ada.




Tahap pelaksanaan latihan SAR ini diawali dengan latihan posko yang dilaksanakan di Mako Lantamal I Belawan dan dilanjutkan dengan latihan manuver lapangan diperairan Belawan. 


Pelaksanaan latihan ini diikuti oleh 330 personel yang terbagi dalam beberapa satuan tugas antara lain satuan tugas pendukung SAR, satuan tugas pendukung kesehatan, satuan tugas pendukung informasi dan satuan tugas pendukung intelijen.


Dalam kesempatan tersebut Pangkoarmada I juga mengingatkan perlunya tindakan yang profesional dan proporsional, guna mencegah terjadinya kecelakaan dan kerugian yang tidak kita inginkan, baik personel maupun materiil. Untuk itu laksanakan semua prosedur latihan secara cermat dan benar dalam rangka mewujudkan zero accident.


Acara yang digelar di gedung Yos Sudarso tetap menjalankan protokol kesehatan Covid-19 dengan pengecekan suhu tubuh bagi peserta, memakai masker, menjaga jarak dan menyiapkan hand sanitaizer. (Hen)