Diduga Akibat Reklamasi, Anak Belawan Bersatu Desak Pelindo I Atasi Bencana Banjir Rob -->

Iklan Semua Halaman

Jasa website

Diduga Akibat Reklamasi, Anak Belawan Bersatu Desak Pelindo I Atasi Bencana Banjir Rob

Redaksi
Rabu, 21 Oktober 2020



METROINDO.CO.ID | BELAWAN - Anak Belawan Bersatu (ABB) Menyurati GM. PT. Pelindo I Belawan, Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama dan Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Belawan terkait Bencana Banjir Rob Air Laut yang menimpa Masyarakat Belawan Sekitarnya dengan No. Surat : 029/E/ABB/X/2020.


Dalam Surat Tersebut, Anak Belawan Bersatu meminta pihak terkait mengatasi musibah yang terjadi. Ada 7 (tujuh) Permintaan yang tercantum dalam surat tersebut, yaitu Membuat  Benteng dan Bendungan di sekitar Bibir Pantai, melakukan Pengerukan di Wilayah alur air laut, membuat Sumur Resapan, Membuat Pintu Air, Membuat Kolam - Kolam Kecil, Menanam pohon Mangrove dan Pohon Bakau serta Memberikan Konpensasi bagi masyarakat yang terdampak Bencana Banjir Rob.


Ketua Umum Dedy Satria Ainal didampingi Sekjend Adli Azhari dan Pengurus Lainnya mengungkapkan bahwa tindakan ini merupakan akibat dari semakin tingginya banjir rob yang melanda masyarakat belawan. 


"Setelah kami teliti bahwasanya Banjir Rob ini terjadi akibat beberapa hal, diantaranya Pembabatan Hutan Mangrove dan Hutan Bakau, perubahan penggunaan penggunaan tanah rawa dan sawah, penimbunan air Laut (Reklamasi) Penyempitan Bantaran Sungai, Membuang sampah sembarangan dan sistem Drainase yang tidak terawat," ujar Dedy saat ditemui di Kantor sekretariat ABB, Jalan Veteran Belawan. Rabu (21/10/2020).



Sementara akibat dari banjir rob tersebut, masyarakat mengalami kerugian materil yang cukup besar, rusaknya bangunan, menyebabkan Lingkungan menjadi kotor dan kumuh, menyebarkan bibit penyakit, mengganggu lalu lintas kelangkaan Air bersih dan lain sebagainya.


Menyikapi hal tersebut, Anak Belawan Bersatu dalam rangka memeriahkan HUT TNI ke 75, ABB bersama Yonmarhanlan dan Forkompinca Belawan beberapa waktu lalu telah melaksanakan kegiatan Gerakan Belawan Bebas Sampah dan Pembersihan Saluran Drainase Se Kecamatan Medan Belawan Pada Tanggal 02 - 05 Oktober 2020,lalu.


Oleh karena itu, Anak Belawan Bersatu meminta kepada pihak terkait segera menanggapi dan menindak lanjuti surat kami dalam tempo 7x24 Jam. 




"Segera Lakukan dengan secepatnya, karena masyarakat Belawan saat ini sudah sangat trauma dan resah dengan musibah yang terjadi. Apabila tidak ada respon yang baik dari pihak terkait, maka jangan salahkan kami bersama organisasi yang ada dan masyarakat turun kejalan melakukan aksi demonstrasi," tegas Dedi Ainal.


Lanjut dikatakan Dedi Ainal mengungkapkan akan terus memantau perkembangan dari surat yang diberikan dengan tembusan sampai kepada Presiden, Menteri, Gubsu, Pjs Walikota dan camat serta kepada Kejati sumut, Kapolres, Anggota DPR RI, DPD, DPRD Sumut dan DPRD Kota Medan.


"Mari sama sama kita pantau, demi Perkembangan dan kemajuan Kota Belawan yang kita cintai," tandasnya. (Hen)