Yonmarhanlan 1 Bersama ABB dan Forkopimca Rapat Koordinasi Kesiapan Kegiatan Gerakan Belawan Bebas Sampah -->

Iklan Semua Halaman

Jasa website

Yonmarhanlan 1 Bersama ABB dan Forkopimca Rapat Koordinasi Kesiapan Kegiatan Gerakan Belawan Bebas Sampah

Redaksi
Rabu, 30 September 2020


METROINDO.CO.ID | BELAWAN - Rapat persiapan untuk kegiatan Gerakan Belawan Bebas Sampah dan Pembersihan Drainase Se-Kecamatan Medan Belawan. Dan dalam Rangka memeriahkan HUT TNI Ke - 75. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Sarang Petarung Hermanto Yonmarhanlan 1 Belawan. Rabu (30/09/2020).

Kegiatan akan dilaksanakan pada Hari Jumat sampai dengan Hari Senin (02-05/10/2020), mendatang.

Turut hadir Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimca), Kapolsek Medan Belawan, Anak Belawan Bersatu (ABB), dan Seluruh Pimpinan Perusahaan yang ada di Kecamatan Medan Belawan.

Komandan Batalyon Pertahanan Lantamal (Danyonmarhanlan) 1 Belawan Letkol Marinir Farick MTr Opsla saat memimpin rapat mengatakan, dukungan penuh untuk kegiatan yang akan dilakukan oleh Anak Belawan Bersatu (ABB), atas inisiasi yang cukup luar biasa.

"Saya mendukung penuh untuk kegiatan yang diinisiasi oleh ABB, kegiatan ini cukup bagus dan saya siap untuk memfasilitasi dan suport kegiatan ini apalagi kegiatan ini sekaligus untuk memeriahkan HUT TNI," ujar Danyon Marinir Letkol Mar Farick.


Menurut Farick, kegiatan itu merupakan langkah konkret memotivasi masyarakat peduli akan kebersihan. Apalagi persoalan sampah di Belawan menjadi salah satu fokus pemerintah Kecamatan Medan Belawan.

"Ini salah satu bentuk partisipasi TNI khususnya Yonmarhanlan 1 untuk mengajak masyarakat peduli pada lingkungan. Namun begitu, ini bukan berarti langkah yang akan merubah secara drastis. Ini hanya sebuah awal untuk langkah-langkah berikutnya," kata Letkol Farick.

Apalagi setiap datang banjir Rob dalam kurun waktu 2 jam, tumpukan sampah yang berserakan di sepanjang Kota Belawan berserakan.


"Yang jelas, dengan banyaknya tumpukan sampah yang terkumpul, ini menunjukkan persoalan sampah harus menjadi perhatian serius," katanya.

Oleh karena itu, Danyon Marinir mendesak agar Pemko Medan segera membuat Peraturan Daerah (Perda) yang melarang warga untuk membuang sampah sembarangan. Selain itu, mendorong Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup membuat tempat sampah sebanyak-banyaknya.

"Sehingga saat kita melarang orang buang sampah sembarangan, sudah ada solusinya, ada tempat (sampah)-nya. Lha kalau saya melarang jangan buang sampah tapi tempatnya tidak ada, kan gimana," tandas Letkol Farick.

Sementara Camat Medan Belawan Ahmad SP menegaskan, pihaknya sangat mendukung kegiatan TNI dan Ormas Anak Belawan Bersatu melakukan bersih-bersih sampah. Oleh karena itu, pihaknya akan menerjunkan sejumlah Lurah dan Kepling untuk bergabung. Bahkan Camat Belawan juga ikut terjun langsung mengumpulkan sampah di Belawan.

"Kami dukung kegiatan ini karena TNI-Polri satu visi dalam rangka peduli terhadap lingkungan. Kita akan terus bahu membahu untuk menciptakan kondisi Medan Belawan yang bersih dan bebas sampah," terangnya.

Dia berharap, ke depan kegiatan ini bisa dilakukan secara kontinyu dengan melibatkan seluruh masyarakat dan stakeholder yang lebih banyak.

"Kita libatkan masyarakat dan stakeholder yang lebih besar. Demi kebersihan lingkungan di Medan Belawan," ucapnya.

"Belawan itu Asri, belawan itu Indah dan belawan itu nyaman. Mari kita semangat menjaga kota belawan ini bersama TNI. TNI kuat bersama Rakyat," tambahnya.

Ketua Anak Belawan Bersatu Dedi Satria Ainal dalam kesempatan itu mengajak kepada seluruh pimpinan stakeholder yang ada di Kecamatan Medan Belawan untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

"Saya tidak meminta sumbangan dari perusahaan yang bapak pimpin, saya hanya ingin partisipasi untuk sama sama menjaga kebersihan dan bergoyong royong untuk menciptakan Medan Belawan ini bersih dan tidak kumuh, kalau perusahan memberikan partisipasinya saya ucapkan terima kasih, dan jika tidak mau berpartisipasi saya juga tidak memaksa,"ucap Dedi. (Hen)