Cegah Penyebaran Covid-19, Satgas Penanganan Wabah Virus Corona Lantamal I Rutin Cek Suhu Tubuh dan Semprot Disinfektan Ke Seluruh Personil

Iklan Semua Halaman

Cegah Penyebaran Covid-19, Satgas Penanganan Wabah Virus Corona Lantamal I Rutin Cek Suhu Tubuh dan Semprot Disinfektan Ke Seluruh Personil

Redaksi
Senin, 23 Maret 2020

METROINDO.CO.ID | BELAWAN - 

Cegah penyebaran virus corona, Lantamal I yang tergabung dalam Gugus Tugas Penanganan Wabah Virus Corona (Covid-19) Sumatera Utara terus memberlakukan protokol pengecekan suhu tubuh dan penyemprotan disinfektan tanpa terkecuali kepada seluruh personil ketika memasuki Mako Lantamal I Belawan, Sumatera Utara. Senin (23/03/2020).

Kegiatan ini dilaksanakan sesuai perintah Danlantamal I Laksamana Pertama TNI Abdul Rasyid, SE, MM, dimana setiap personel dan ruang kerja di Lantamal I harus bersih untuk menghindari wabah virus covid- 19.


"Pemeriksaan dan penyemprotan disinfektan ini di laksanakan bertujuan untuk menghindari penyebaran virus corona di lingkungan Lantamal I," ujar Danlantamal.

Pemeriksaan suhu tubuh yang dilakukan oleh Personel Diskes Lantamal I dan RSAL dr. Komang Makes dilaksanakan di penjagaan ketika seluruh personel memasuki Mako Lantamal I dilanjutkan di Dermaga Mako Lantamal I tempat bersandarnya KRI dan KAL Jajaran Satrol Lantamal I. 

Disana Tim melakukan hal yang sama, pengecekan suhu tubuh anggota KRI, KAL dan diruangan-ruangan Kapal selain itu Penyemprotan Disinfektan dilakukan di Perumahan Dinas Lantamal I Belawan.


"Kita akan tetap waspada terhadap Penyebaran Covid-19 sesuai dengan himbauan Pemerintah dan arahan Pimpinan TNI dan TNI AL," tegas Laksamana Pertama TNI Abdul Rasyid.

Lebih kanjut dikatakan Danlantamal I, tergabung dalam Gugus Tugas Penanganan Wabah Virus Corona (Covid-19) Sumatera Utara, dengan demikian, Personel Diskes Lantamal I yang telah tergabung dalam satgas Covid-19 Sumut untuk menangani pasien Covid-19 telah melaksanakan latihan bagaimana cara menangani pasien yang diduga terinfeksi COVID-19. 

"Mulai menggunakan Alat Pelindung Diri (APD), cara memeriksa, cara mengevakuasi, dan cara merujuk ke rumah sakit yang telah di tunjuk sebagai rumah sakit untuk menangani pasien COVID-19 menggunakan ambulans," terangnya.

Selain itu, Danlantamal I menghimbau kepada seluruh Prajurit dan PNS Lantamal I serta Warga disekitar Belawan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar, jaga pola hidup sehat, mencuci tangan usai beraktivitas dan menjaga daya tahan tubuh dengan konsumsi makanan sehat serta hindari keramaian.

"Saya tekankan kepada seluruh anggota agar mengikuti perkembangan situasi dan tidak mudah percaya terhadap informasi seputar COVID-19 yang tidak jelas sumbernya, apalagi menyebarkan informasi HOAX yang dapat menimbulkan keresahan di masyarakat" Pungkas orang nomor satu di Lantamal 1 Belawan ini. (Hen)