Antisipasi Colid -19, Danyonmarhanlan 1 dan Plt Wali Kota Medan Tinjau Terminal Penumpang Bandar Deli Belawan -->

Iklan Semua Halaman

Jasa website

Antisipasi Colid -19, Danyonmarhanlan 1 dan Plt Wali Kota Medan Tinjau Terminal Penumpang Bandar Deli Belawan

Redaksi
Senin, 23 Maret 2020
Danyonmarhanlan 1 Mayor Farick bersama Plt Wali Kota Medan saat meninjau Terminal Penumpang Bandar Deli Belawan

METROINDO.CO.ID | BELAWAN - Langkah antisipatif terus dilakukan oleh Danyonmarhanlan 1 Belawan Mayor Farick M Tr Opsla dan Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi guna mencegah penyebaran virus corona di Kota Medan. Senin (23/3).

Danyonmarhanlan 1 Mayor Farick dan Plt Wali Kota Medan Akhyar bersama unsur Forkopimda Kota Medan meninjau Terminal Penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan Jalan Stasiun Belawan. 

Dalam peninjauan tersebut, Akhyar minta kepada pihak pengelola terminal agar melakukan pemeriksaan secara ketat setiap penumpang yang baru datang dari luar Kota Medan tersebut.


"Karena Terminal Penumpang Bandar Deli merupakan salah pintu masuk Kota Medan. Begitu mendapati ada penumpang yang dicurigai terpapar virus corona, pihak terminal langsung melakukan screening awal di rumah sakit terdekat, sekaligus melakukan tindakan yang lebih jauh lagi," tegas Akhyar.

Setibanya di Terminal Penumpang Bandar Deli, Danyon Marhanlan I Belawan Mayor Marinir Farick M Tr Opsla, bersama Plt Wali Kota Medan Akhyar didampingi oleh Wakapolrstabes Medan AKBP Irsan Sinuhaji, Dandim 0201/BS Kol Inf Roy J Hansen Sinaga, Kajari Medan Dwi Setyo Budi Utomo SH MH, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Medan Sutio Jumagi Akhirno SH MHum, Dandenpom 1/5 Letkol CPM Anggun Hendryantoro, serta sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan langsung disambut pihak Pelindo I Medan selaku pengelola pelabuhan, Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP)  serta Kesyahbandaran Utama Belawan.


Akhyar selanjutnya, mempertanyakan prosedur yang telah diterapkan dalam upaya mencegah masuknya virus corona melalui Pelabuhan Belawan. 

"Prosedur pencegahan telah dilakukan dengan baik, termasuk penerapan social distancing (jarak kontak social) antar penumpang, penyediaan hand sanitizer serta thermo gun untuk mengecek suhu tubuh para penumpang," ucap Akhyar.

Dari penjelasan yang diberikan terkait alur masuk penumpang, Akhyar menilai perlu dilakukan perbaikan procedural, terutama kepada pihak KKP agar langsung melakukan screnning awal jika mendapati ada penumpang yang suhu tubuhnya 37,5 ° C. 

“Lakukan screnning awal di rumah sakit terdekat dengan Terminal Penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan. Selama ini prosedur yang dilakukan hanya mencatatat suhu tubuh penumpang yang bersangkutan saja,” kata Akhyar.

Oleh karenanya, Akhyar minta kepada Dinas Kesehatan Kota Medan agar mengusulkan kepada KKP untuk memperbaiki prosedur alur masuk penumpang ke pelabuhan dengan pihak KKP. 

"Dengan demikian penumpang yang baru datang dari luar kota dapat terdeteksi, guna mencegah penyebaran  virus coruna," harapnya.

Selanjutnya, Akhyar bersama unsur Forkopimda kemudian mengecek seluruh Terminal Penumpang Bandar Deli, baik ruang tunggu penumpang hingga lokasi kapal bersandar.

Hal senada juga dikatakan oleh Danyonmarhanlan 1 Belawan Mayor Farick, berharap agar jumlah hand sanitizer dan wastafel untuk cuci tangan ditambah guna mempermudah penumpang membersihkan tangan yang dinilai ini rentan menularkan virus corona. Mari sama sama saling mengingatkan warga untuk mewaspadai virus corona. 

“Jangan lupa terus jaga diri dan jangan banyak ke luar rumah. Apabila tidak ada hal yang penting dan sangat mendesak, saya imbau agar tidak  keluar rumah. Sebab, penyebaran virus corona ini melalui sentuhan antar manusia,” pesan Danyonmarhanlan 1 Mayor Farick. (Hen)