Pengajian Akbar se-Kelurahan Terjun Ikuti Pelatihan Pengurusan Jenazah -->

Iklan Semua Halaman

Jasa website

Pengajian Akbar se-Kelurahan Terjun Ikuti Pelatihan Pengurusan Jenazah

Redaksi
Kamis, 19 Desember 2019
Pengajian se-Kelurahan Terjun Kecamatan Medan Marelan Ikuti Pelatihan Bilal Mayit

METROINDO.CO.ID | MARELAN - Majelis Ulama Indonesia (MUI), Kota Medan bekerjasama dengan Majelis Ta’lim Pengajian se-Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan mengikuti pelatihan pengurusan Jenazah (Pelatihan Bilal Mayit), berlansung di Rumah Aspirasi Gerindra  Jalan Abdul Sani Muntalib, Kelurahan Terjun Kecamatan Medan Marelan.

Pelatihan dimaksudkan untuk edukasi pemahaman dan pelatihan kepada para Kaum Ibu tentang cara pengurusan jenazah yang sesuai dengan Kaidah Hukum Islam dan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang bagaimana memandikan jenazah.



Animo antusias masyarakat, khususnya wanita muslimah di Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan, terbukti sebanyak 32 pengajian sekitar ratusan ibu pengajian turut andil menjadi peserta pada kegiatan tersebut.

Latar belakang kegiatan ini dilaksanakan, karena merupakan salah satu urusan umat islam yang hukumnya fardhu kifayah, yaitu dalam satu wilayah harus ada yang memiliki kemampuan mengurus jenazah.

Hal tersebut dikatakn oleh Ketua PAC Partai Gerindra Kecamatan Medan Marelan Haris Kelana Damanik, ST selaku inisiator pelatihan Bilal Mayit di Kelurahan Terjun.

"Selain itu juga sedikitnya atau langkahnya masyarakat yang memiliki kemampuan memandikan jenazah," imbuhnya.

Adapun tujuan kegiatan ini diharapkan agar pengurus dan anggota pengajian dan masyarakat umum khususnya sasaran perempuan memiliki kemampuan dalam memandikan jenazah.

"Melalui kegiatan ini diharapkan bisa menjalin silaturrahmi agar anggota perwiritan bersinergi dalam mengelola urusan umat," tambahnya.


Dalam pelatihan tersebut, peserta diajarkan mengenai tata cara mengurus jenazah mulai dari menyiapkan peralatan, memandikan hingga mengkafani jenazah.

Pelatihan tersebut dibimbing oleh Ustadzah Dra H Aminah. Kegiatan diawali dengan Materi tentang Fiqih Janaiz yang selanjutnya dilaksanakan praktik.

“Berkaitan dengan masalah pengurusan jenazah, ada 4 kewajiban terhadap jenazah yang mesti dilakukan oleh orang yang hidup. Empat hal ini dihukumi fardhu kifayah, artinya harus ada sebagian kaum muslimin yang melakukan hal ini terhadap mayit. Jika tidak akan ada konsekuensinya terhadap hukuman yang akan diterima, terlebih bagi kaum Muslimin yang sudah mengerti hal ini. Empat hal yang mesti dilakukan terhadap mayit oleh yang hidup adalah memandikan, mengafani, menyolatkan, menguburkan.” jelas Ustadzah Siti Aminah dihadapan para Peserta. Kamis (19/12/2019).

Suryani (46) salah satu peserta kaum Ibu memberi kesan bahwa pelatihan tersebut baginya menambah wawasan. Ia berharap bisa mengaplikasikannya untuk orang terdekat serta rutin adakan kegiatan semacam.

“Program kegiatan yang terlihat biasa, namun berakibat fatal kalau diantara kita tidak ada yang faham mengenai tata cara mengurusi Jenazah. Semoga bisa diadakan rutin sebagai sarana edukasi pada masyarakat.” ujar Suryani.

Sementara itu, Ketua Pengajian Akbar Minda Wati SPd,I melalui Penasehat Pengajian Kelurahan Terjun Rahmawati Harahap mengatakan. Berdasarkan pengamatan di lapangan, praktik pelaksanaan pengurusan jenazah terbilang jarang dilakukan di masyarakat.

“Bahkan ketika ada warga yang meninggal dunia disekitar daerah tersebut, tidak ada warga yang bisa mengurusi jenazah walau akhirnya harus memanggil bilal mayit.” Ujar Rahmawati.

Lewat pelaksanaan pelatihan tersebut, MUI berharap terdapat jalan keluar untuk terus lakukan edukasi, salah satunya dengan membentuk kepengurusan jenazah yang siap diberdayakan serta siaga membantu ketika terdapat warga yang meninggal.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Kota Medan Ikhwan Ritonga, Anggota DPRD Kota Medan Fraksi Gerindra Surianto, SH, Ketua DPD Partai Gerindra Kota Medan Bobby O Zulkarnain, Ketua PAC Gerindra Kecamatan Medan Marelan Haris Kelana Damanik, ST, Ketua PAC Gerindra Kecamatan Medan Belawan Jaya Syahputra dan Bendahara PAC Gerindra Marelan Rahmawati Harahap serta ratusan Ibu perwiritan se-Kelurahan Terjun. (Novi).