Ribuan Nelayan Demo, PT Pelindo 1 Tidak Akan Berikan Tali Asih Ke 2 -->

Iklan Semua Halaman

Jasa website

Ribuan Nelayan Demo, PT Pelindo 1 Tidak Akan Berikan Tali Asih Ke 2

Redaksi
Kamis, 12 September 2019
Ribuan nelayan saat demo
METROINDO.CO.ID | BELAWAN - Ribuan nelayan menyerbu kantor PT Pelindo 1 pusat, meminta kompensasi akibat dari proyek reklamasi, di jalan Pelabuhan Raya, Kecamatan Medan Belawan. kamis (12/09/2019).

Para nelayan yang berasal dari Medan Utara terkena dampak reklamasi, menuntut PT Pelindo 1 terbuka ketika pemberian kompensasi tali asih yang telah disalurkan.

Belum lama ini, karena para nelayan menilai dana kompensasi tali asih yang diberikan diduga tidak tepat sasaran, sehingga terjadi pembuangan uang negara.

Para peserta aksi yang didominasi emak-emak istri nelayan itu datang dengan berjalan kaki. Mereka berasal dari Kecamatan Medan Belawan, Medan Labuhan, Medan Marelan dan sebagian dari Kecamatan Hamparan Perak, Deli Serdang. Mereka membawa sejumlah poster yang bertuliskan mengecam kebijakan Pelindo 1 dan Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Medan.

"KADIS PERIKANAN KOTA MEDAN BOHONGI NELAYAN, COPOT AULIA MECAH BELAH NELAYAN, KAMI NELAYAN KOTA MEDAN MENUNTUT PELINDO 1 KEMBALIKAN ALUR LAMA KAMI SEPERTI SEMULA" ungkap para nelayan yang menuliskan di poster

Poster yang dituliskan nelayan

Kordinator aksi, Wahyu Kurnia kepada wartawan mengatakan, aksi yang digelar sebagai wujud kekecewaan yang dilakukan Pelindo 1 dan Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Medan dalam penyaluran kompensasi dampak dari reklamasi.

Ia juga mempertanyakan pembuatan alur baru yang dibuat Pelindo 1 sebagai pengganti alur lama yang dinilai nelayan sebagai penghambat dan menambah kos nelayan yang cukup tinggi. "Jauh jarak tempuh, ketika nelayan mengoprasionalkan sampan atau perahu ketika melaut," ujar Wahyu.

Akibat perubahan alur yang dilakukan untuk pembangunan dermaga peti kemas BICT tersebut membuat kos para nelayan menjadi bertambah. Hal ini juga membuat para nelayan semakin menjerit, ujarnya.

Terpisah, Maneger Umum Pelindo 1 Cabang Belawan, Khailrul Ulya mengatakan, aksi yang dilakukan para pengunjuk rasa salah alamat, seharusnya mereka menanyakan permasalahan ini ke Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Medan yang melakukan verifikasi. "Kalau Pelindo 1 hanya sebagai penyedia dana," ucapnya.

Dirinya menegaskan, Pelindo 1 tidak akan menyalurkan kembali tali asih kepada para nelayan. "Dinas Perikanan sudah merekomendasikan sebanyak 3.228 nelayan yang menerima dana tali asih dengan anggaran sebesar Rp 10 miliar dan diserahkan secara seremoni oleh Walikota Medan, beberapa waktu lalu. Jadi Pelindo tidak akan kembali memberikan tali asih kepada nelayan," cetusnya.

Tambahnya, selesai dilaksanakan dan proses yang dilaksanakan disebut yang berhak memberikan itu adalah Dinas Perikanan sudah merekomendasikan sebanyak 3228 nelayan di Kelurahan di semua Kelurahan di kecamatan Medan Belawan. artinya masih ada informasi informasi disampaikan oleh pihak-pihak yang bertanggung jawab saya sampai tadi malam dari informasi dari Kecamatan bahwa sudah beredar isu di tengah masyarakat bahwa Pelindo menyerahkan Tali Asih kedua. (MI/Sigit)