Kebakaran Lahan Mulai Marak Terjadi di Paluta -->

Iklan Semua Halaman

Jasa website

Kebakaran Lahan Mulai Marak Terjadi di Paluta

Redaksi
Jumat, 20 September 2019
Tim gabungan dari TNI, Polri, BPBD, Damkar dan dibantu masyarakat memadamkan kebaran lahan
METROINDO.CO.ID | PALUTA - Musim kemarau berkepanjangan yang melanda wilayah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) menyebabkan kebarakan hutan dan lahan (Karhutla) mulai banyak terjadi.

Informasi yang di himpun mulai, Kamis (19/9/2019) hingga Jumat (20/9/2019) sedikitnya 25 hektar lahan sawit warga di Kecamatan Padang Bolak hangus terbakar.

Petugas tim gabungan yang terdiri dari personel Koramil 05/Padang Bolak, Polsek Padang Bolak, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Manggala Agni dan dibantu petugas damkar berupaya memadamkan api di kebun sawit milik warga.

Kapolsek Padang Bolak, AKP Zulfikar SH yang turut serta ke lokasi kejadian mengatakan penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti. "Penyebab kebarakan lahan belum diketahui secara pasti. Namun diimbau kepada masyarakat supaya tidak melakukan pembakaran disekitar lahan yang mengalami kekeringan akibat dilanda musim kemarau," kata Kapolsek.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Paluta, Rustam Hasibuan juga menyampaikan, saat musim kemarau seperti sekarang ini sangat diperlukan upaya pencegahan Karhutla di wilayah Paluta. "Kita juga menghimbau kepada seluruh warga untuk tidak melakukan pembakaran baik itu di lahan perkebunan maupun membakar sampah di pekarangan atau di pemukiman, pasalnya sangat rentan terjadi kebakaran," ujarnya (MI/Mar)