Ratusan PUS Di Paluta Ikuti Pemasangan Kontap Gratis -->

Iklan Semua Halaman

Jasa website

Ratusan PUS Di Paluta Ikuti Pemasangan Kontap Gratis

Redaksi
Jumat, 30 Agustus 2019
METROINDO.CO.ID | PALUTA - Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBPP dan PA) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) gelar kegiatan program Keluarga Berencana (KB) pelayanan medis operasi wanita (MOW) atau pemasangan kontrasepsi mantap (Kontap) terhadap ratusan peserta kategori Pasangan Usia Subur (PUS) di RSUD Gunung Tua, Aek Haruaya, kecamatan Portibi, Jumat (30/08/2019).

Kegiatan pemasangan Kontap atau Tubektomi untuk 150 orang peserta yang dilakukan secara gratis ini dipantau oleh Sekda Paluta H Burhan Harahap SH, Kasubbid kesertaan KB jalur pemerintahan dan swasta pada BKKBN Sumut A Sofyan Rangkuti MAP, Kadis PPKBPP dan PA Hakimuddin Siregar, Plt Kadis Kesehatan Paluta dr Sri Prihatin, Polsek Padang Bolak dengan mendatangkan petugas medis dari Perkumpulan Kontrasepsi Mantap Indonesia (PKMI) yakni dr Christoffel L Tobing SPOg beserta rombongan.

Sekdakab Paluta H Burhan Harahap SH saat melakukan pantauan mengatakan bahwa program pemasangan Kontap ini merupakan langkah Pemkab Paluta dalam mendukung program KB Nasional yang digalakkan oleh pemerintah Republik Indonesia.

Katanya, dengan mengikuti program KB yang digalakkan secara nasional oleh pemerintah RI, dapat meningkatkan kesejahteraan bagi keluarga sehingga diharapkan agar masyarakat yang sudah berkeluarga dapat mengikuti program KB dengan baik demi kesejahteraan hidup.

Kepala Dinas PPKBPP dan PA Hakimuddin Siregar mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan pemasangan Kontap secara massal dan gratis ini bertujuan untuk menahan laju pertumbuhan penduduk, serta mengurangi angka kematian ibu dan anak saat melahirkan. "Untuk mengurangi resiko kematian ibu melahirkan serta mendukung program pemerintah pusat yakni program KB Nasional," ujarnya di sela-sela kegiatan.

Karena itu ia berharap, dengan program pelayanan ini, masyarakat semakin sadar akan kebutuhan keluarga sejahtera dan pemerintah juga menganjurkan agar dua anak lebih baik dalam program KB, sehingga keluarga akan lebih sejahtera.

Terpisah, ketua panitia Kabid KB Hj Hotnida Sari Siregar SKM MKes bahwa kegiatan hari ini merupakan pemasangan alat kontrasepsi hanya berupa medis operasi wanita (MOW) atau kontap dilakukan secara gratis terhadap ratusan pasangan usia subur (PUS) dan sengaja dilakukan di rumah sakit, sebab di rumah sakit lebih steril dan dilakukan oleh ahlinya. "Pemasangan alat kontrasepsi ini dalam bentuk steril wanita (MOW) atau Kontap tanpa dipungut biaya dilakukan terhadap 150 orang peserta kategori pasangan usia subur (PUS)," ujarnya.

Dirinya berharap, dengan pelaksanaan kegiatan pemasangan alat kontrasepsi berupa Kontap ini dapat menekan laju pertumbuhan penduduk serta menekan angka kematian ibu melahirkan khususnya di daerah Kabupaten Paluta.

Selain melakukan pemasangan alat kontrasepsi, panitia juga terlebih dahulu melakukan pemeriksaan kesehatan serta pengarahan dan konseling kepada para ibu-ibu peserta KB tentang hal yang berkaitan dengan fungsi, manfaat dan tujuan program KB. (MI/Mar)