Dinas PU Medan Korek Parit di Sisinga Mangaraja -->

Iklan Semua Halaman

Jasa website

Dinas PU Medan Korek Parit di Sisinga Mangaraja

Redaksi
Senin, 24 Juni 2019
Pengorekan Drainase.
METROINDO.CO.ID | MEDAN - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan normalisasi drainase di Jalan Sisingamangaraja Medan, Sabtu (22/4). Selain mengatasi penyumbatan dan pendangkalan yang telah lama terjadi serta dikeluhkan warga, normalisasi drainase dilakukan sebagai upaya antisipasi terjadinya genangan air setiap kali hujan deras turun.

Guna mendukung kelancaran proses normalisasi, Dinas PU pun menurunkan satu unit excavator, satu unit mobil penyedot lumpur, sejumlah truk serta dibantu puluhan petugas dari P3SU Kecamatan Medan Amplas. Untuk menormalisasi drainase, para pekerja terpaksa mengangkat dulu penutup beton yang menutupi permukaan drainase. Setelah itu para pekerja memasuki drainase dan melakukan pengorekan dengan menggunakan cangkul maupun penggaruk.

Selanjutnya dalam memaksimalkan pengorekan, Dinas PU juga melakukan penyedotan dengan menggunakan mobil penyedot lumpur. Seluruh lumpur bercampur sampah hasil pengorekan kemudian dibersihkan dan langsung diangkut menggunakan truk.

BACA JUGA: Wali Kota Medan: Terus Kita Lakukan Meminimalisir Banjir

Proses normalisasi berjalan lancar, penyumbatan dan pendangkalan yang selama ini terjadi sedikit demi sedikit teratasi. Bersamaan itu air yang selama ini tertahan akibat penyumbatan kini terlihat mengalir kembali.

Selain menormalisasi drainase di Jalan SM Raja, Dinas PU juga menormalisasi sungai sulang saling yang berada di Jalan Garu 3. Hal ini diharapkan mampu meminimalisir terjadinya banjir. Pasalnya sungai sulang saling telah mengalami pendangkalan dan penyempitan. Akibatnya apabila hujan turun, sungai sulang saling tidak mampu menampung air hujan sehingga air mengalir ke bahu jalan.

Pemko Medan melalui dinas terkait akan terus berupaya menormalisasi drainase yang mengalami pendangkalan yang ada di Kota Medan. Sebab, Jumat (21/4) Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution telah menginstruksikan Camat Se-Kota Medan untuk mendata titik-titik mana saja yang tergenang air. Setelah itu, Dinas PU Kota Medan dibantu P3SU Kecamatan akan melakukan normalisasi drainase sebagai upaya awal untuk dapat menanggulangi genangan air tersebut.(MI/Rd)